Logo Bloomberg Technoz

Nantinya TikTok Pay akan bergabung dengan industri dompet digital lainnya, yang sudah lebih dulu hadir, seperti Gopay, ShopeePay, OVO, DANA, hingga LinkAja. Dengan peta tersebut, berikut diantaranya platform dompet digital di Indonesia.

1. Gopay

Gopay atau PT Dompet Anak Bangsa yang merupakan layanan uang elektronik dan/atau layanan dompet bersifat digital. Didukung secara penuh oleh Gojek dan e-commerce Tokopedia.

Dengan dukungan ekosistem yang sangat luas, pengguna Gopay dapat memanfaatkan fitur mulai dari layanan Gojek-termasuk GoRide sampai GoSend, pembayaran restoran makanan, supermarket, e-commerce, sampai dengan pembayaran tagihan dan pembelian pulsa. Gopay terus mengembangkan fitur mencakup top up, transfer uang antar rekening, dan terkini dapat melakukan tarik tunai saldo Gopay dengan sangat mudah. 

2. ShopeePay

PT AirPay International Indonesia, yang mempunyai produk uang elektronik dengan merek dagang ShopeePay. Mereka resmi mendapatkan lisensi BI pada Agustus 2018 berdasarkan Surat Bank Indonesia No. 20/293/DKSP/Srt/B tanggal 8 Agustus 2018. ShopeePay lekat dengan platform e-commerce Shopee yang merupakan platform paling sering digunakan pengguna Indonesia dalam hal berbelanja. Bahkan menduduki posisi nomor 1 berdasarkan hasil survei Snapcart, dan diyakinkan oleh dengan data dari SimilarWeb, yang menegaskan Shopee adalah marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan 143 juta pengunjung pada Februari 2023 kemarin.

Mengutip laman resminya, ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online pada aplikasi Shopee secara keseluruhan, offline pada Merchant ShopeePay, dan menyimpan pengembalian dana yang dapat digunakan untuk membayar pesanan selanjutnya. ShopeePay juga merupakan bagian dari SeaMoney, layanan finansial digital yang disokong oleh Sea Group. 

3. OVO

OVO atau PT Visionet Internasional sering dijumpai pada aplikasi Grab. OVO juga terhubung langsung dengan aplikasi investasi Bareksa. Keduanya memiliki ekosistem yang sangat luas. OVO mengklaim merupakan aplikasi pembayaran yang serba bisa, simpel, instan dan aman yang siap digunakan untuk segala transaksi finansial, termasuk memanfaatkan berbagai fitur ekosistem dari Grab, seperti GrabBike, GrabFood sampai dengan GrabMart.

4. DANA

DANA atau PT Espay Debit Indonesia Koe merupakan dompet digital yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non tunai dan non kartu secara digital, online maupun offline. DANA memperoleh dukungan penuh dari ekosistem Emtek, termasuk Bukalapak. Selain itu, DANA melebarkan ekspansinya hingga bekerja sama dengan Lazada dan HappyFresh. Bahkan DANA saat ini mempunyai Rentique, sebuah fitur untuk membeli barang-barang menarik yang hanya terdapat pada aplikasi DANA.

5. LinkAja

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server. LinkAja merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di BI. LinkAja adalah aplikasi dompet digital yang menyediakan fitur pembayaran, tagihan, pembelian produk dan layanan digital, serta transaksi digital lainnya melalui smartphone.

LinkAja mempunyai ekosistem yang sangat luas, dengan tujuan utama yaitu memudahkan para penggunanya untuk pembayaran kebutuhan esensial harian, seperti pulsa, data, token listrik, pembayaran di SPBU, transportasi umum, dan lainnya, termasuk melalui kolaborasi dengan beberapa perusahaan BUMN.

6. DOKU

DOKU atau PT Nusa Satu Inti Artha merupakan perusahaan penyelenggara sistem pembayaran berbasis teknologi dengan layanan terpadu. DOKU menyediakan fitur mulai dari pembayaran, menerima pembayaran, hingga transfer dana. Pada perjalanannya, tahun 2012 DOKU memperoleh lisensi uang elektronik dari BI.

Pada 2015 perusahaan mendapatkan izin transfer dana dari otoritas untuk transaksi lintas negara. Dua tahun berselang atau 2017, DOKU  memperoleh lisensi dompet elektronik. Pada 2018 BI menerbitkan lisensi untuk operator Payment Gateway di Indonesia. Hal ini semakin memperkuat kredibilitas DOKU sebagai perusahaan penyelenggara sistem pembayaran berbasis teknologi.

7. Sakuku

Melansir laman resminya, Sakuku adalah uang elektronik dalam mata uang rupiah dengan aplikasi resmi dari Bank BCA. Sakuku berbasis server serta menggunakan nomor telepon seluler sebagai nomor rekening.

Didukung oleh ekosistem Bank BCA, Sakuku dapat digunakan untuk menunjang gaya hidup, dan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari bayar belanja, isi pulsa, transaksi voucher game hingga berbagai tagihan. Sakuku juga ada fitur plus, di mana dapat melakukan transaksi seperti transfer dan tarik tunai di Bank BCA.

8. i.saku

i.saku atau PT Inti Dunia Sukses merupakan layanan uang elektronik yang telah mendapat izin dari otoritas, Bank Indonesia. i.saku dapat dipergunakan untuk transaksi apa aja, mulai dari bayar belanja di merchant, seperti Indomaret, Point Coffee, SuperIndo, transaksi kirim uang, tarik tunai, dan bayar semua tagihan. Fitur unggulan i.saku adalah dapat tarik tunai di ATM Tanpa Kartu dan di Merchant terdekat. Seperti di ATM Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Merchant Indomaret.

9. Jenius Pay

Jenius Pay merupakan aplikasi e-wallet atau dompet digital yang diluncurkan oleh Bank BTPN. Dengan digunakan sebagai metode pembayaran di merchant rekanan Jenius. Jenius Pay juga membuat transaksi online lebih simpel, memanfaatkan fitur pembayaran pakai $Cashtag.

(fad/wep)

No more pages