Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Menguat 0,23% Seiring Ekspektasi Inflasi AS Melandai

Muhammad Julian Fadli
08 August 2023 09:11

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (8/8/2023), dibuka menguat. Pada pukul 9.04, indeks mengalami kenaikan 15,71 poin atau setara dengan 0,23% ke level 6.902.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 1,49 miliar saham dengan nilai transaksi Rp537,39 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 94.743 kali.

Sebanyak 214 saham menguat dan hanya 149 saham melemah. Sementara, 215 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari dalam negeri dan juga global. Ekonomi Indonesia berhasil mencatatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar, mencapai 5,17% pada kuartal II-2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal itu didorong oleh meningkatnya konsumsi selama perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

Dari global, tim Research Phillip Sekuritas Indonesia memaparkan, data pasar tenaga kerja Non-Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat yang terbit pada Jumat kemarin memperlihatkan laju perekrutan pegawai terus melambat, namun upah pekerja masih naik dengan laju yang lebih cepat dari ekspektasi.