Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Rusia untuk India Turun, Terendah di Masa Perang

News
07 August 2023 16:40

Ilustrasi minyak Rusia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak Rusia. (Dok: Bloomberg)

Rakesh Sharma - Bloomberg News

Bloomberg, Harga rata-rata minyak mentah Rusia ke India pada bulan Juni mencapai yang terendah sejak invasi Moskow ke Ukraina lebih dari setahun yang lalu.

Harga per barel termasuk biaya pengiriman adalah US$68,17, turun dari US$70,17 pada Mei dan US$100,48 setahun sebelumnya, demikian menurut angka terbaru dari Kementerian Perdagangan dan Industri India. Meskipun itu lebih tinggi dari batas US$60 yang diberlakukan oleh negara-negara Barat di Moskow, ambang batas tersebut tidak termasuk biaya pengiriman.

India telah menjadi salah satu konsumen utama minyak mentah Rusia yang dijual lebih murah sejak perang, bersama dengan China. Data dari perusahaan analitik Kpler menunjukkan impor India merosot selama dua bulan terakhir, dengan arus diperkirakan turun lebih lanjut pada Agustus karena Saudi memangkas ekspornya secara keseluruhan. Adapun pengiriman pangan ke negara Asia Selatan pulih dari Oktober. 

Impor minyak India dari Rusia (Sumber: Bloomberg)

India biasanya membeli minyak mentah Rusia, termasuk ongkos angkut, asuransi, dan biaya lain-lain. Para penjual menangani semua logistik dan risiko mengangkut minyak mentah, terlepas dari apakah pengirimannya di bawah atau di atas batas harga.