Logo Bloomberg Technoz

Kuota Daftar Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka Sudah Habis

Ezra Sihite
07 August 2023 15:30

Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejak link 'tautan' pendaftaran dibuka pada 5 Agustus 2023, kuota bagi masyarakat untuk mengikuti upacara 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada tahun ini sudah penuh. Dalam tautan pandang.istanapresiden.go.id saat akan mendaftar pada Senin (7/8/2023) sudah tertulis keterangan "Kuota Telah Terpenuhi, ikuti upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI melalui live streaming/youtube Sekretariat Presiden/live TV".

Sebelumnya diketahui bahwa masyarakat diundang secara langsung mengikuti upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI dan upacara penurunan bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2023. Jumlah undangan kini sudah normal seperti pada masa sebelum pandemi. 

“Tahun ini, masyarakat yang hadir di istana untuk mengikuti upacara akan lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Setpres, Bey Machmudin dalam tayangan video peluncuran pandang istana dikutip dari laman Setkab, Jumat (4/8/2023).

Kuota untuk masyarakat ikut upacara 17 Agustus di Istana sudah habis (presidenri.go.id)

Adapun jumlah undangan yang telah disiapkan oleh Sekretariat Presiden untuk Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI yakni pagi hari dan juga Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari dengan masing-masing 8.000 undangan. Totalnya 16.000 orang.

Masyarakat yang telah mendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian, jika dinyatakan lolos verifikasi, pendaftar akan mendapatkan email notifikasi. Dalam email akan diinformasikan pengambilan undangan untuk hadir mengikuti upacara secara langsung di Istana Merdeka.