Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Gelanggang Indonesia Arena di GBK, Biaya Rp640 M

Fransisco Rosarians Enga Geken
07 August 2023 16:30

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gelanggang olahraga dalam ruangan atau indoor baru bernama Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Fasilitas olahraga baru tersebut memiliki kapasitas 16 ribu penonton yang bisa digunakan untuk berbagai macam pertandingan hingga konser.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Indonesia Arena sejak 2021 hingga Juni 2023. Total biaya pembangunan tersebut mencapai Rp640 miliar.

Menurut Jokowi, Indonesia Arena akan menjadi lokasi utama pertandingan bola basket, bola voli, bulu tangkis atau badminton, dan futsal. Selain itu, lokasi ini juga sangat potensial untuk menjadi tempat konser musik dan pertunjukan seni lainnya.

"Sekarang yang mau konser silakan segera daftar. Karena saya yakin ini akan banyak, akan lebih banyak digunakan untuk konser," ujar Jokowi. "Tapi saya lebih senang kalau dipakai untuk olahraga. Tapi konser juga penting, karena saya juga senang."

Indonesia Arena terletak dekat Hall A Basket dan lapangan panahan. Gedung ini sudah pernah diujicoba menjadi tempat sejumlah pertandingan bola basket non-resmi.