Logo Bloomberg Technoz

Korea Utara Dicurigai Jual Senjata ke Rusia

News
07 August 2023 16:10

Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)
Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Penampakan yang tidak biasa dari jet militer Rusia di Korea Utara memicu kekhawatiran bahwa Kim Jong Un menjual senjata ke Vladimir Putin, karena hubungan kedua negara yang terkena sanksi itu semakin kuat.

Berdasarkan data pelacakan dari FlightRadar24, Angkata Udara Rusia Ilyushin IL-62M terbang langsung dari Moskow ke Pyongyang pada 31 Juli, dan kembali pada 2 Agustus. Dilaporkan oleh NK News, citra satelit menunjukkan pesawat berada di Bandara Internasional Pyongyang selama sekitar 36 jam.

Penerbangan itu merupakan yang pertama dilakukan dengan jenis pesawat VIP militer Rusia ke Korea Utara sejak pertengahan 2019. Kala itu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Fomin melakukan perjalanan ke Pyongyang. Setelah itu pada 2020, Pyongyang menutup perbatasan karena pandemi yang mencekik perekonomiannya.

Pertumbuhan Ekonomi Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Baik Rusia maupun Korea Utara tidak melaporkan keberadaan pesawat, sehingga tidak diketahui siapa yang ada di dalamnya. Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komenter tentang pesawat tersebut.