Logo Bloomberg Technoz

Tren AI Bikin SoftBank Berpeluang Hasilkan Untung di Vision Fund

News
07 August 2023 15:10

Softbank, perusahaan investasi atau pemodal ventura. (dok Bloomberg)
Softbank, perusahaan investasi atau pemodal ventura. (dok Bloomberg)

Min Jeong Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Vision Fund, perusahaan di bawah kendali SoftBank Group Corp, kemungkinan besar akan kembali untung usai selama lima kuartal terakhir selalu merugi. Tren kecerdasan buatan mengangkat valuasi perusahaan startup ini.

Grup investasi asal Jepang tengah berusaha membalikkan keadaan usai nilai investasinya berkurang ¥6,9 triliun atau US$48 miliar (sekitar Rp728 triliun) di Vision Fund dalam dua tahun fiskal terakhir.

Berbagai analis menyebutkan keuntungan yang akan dinikmati perusahaan tidak terlalu fantastis dalam periode tiga bulan terakhir, yang berakhir Juni kemarin. Namun secara grup, SoftBank diperkirakan akan untung ¥73 miliar, yang mana hasilnya akan dirilis pada Selasa, waktu setempat, menurut rata-rata estimasi para analis.

Pendiri SoftBank, Masayoshi Son. (Dok: Bloomberg)

Pendiri SoftBank, Masayoshi Son, saat ini tengah fokus pada persiapan penawaran umum perdana saham Arm Ltd., sebuah perusahaan produsen chip. Son tengah berburu kesepakatan baru atas Arm, dengan target pengumpulan dana lewat skema IPO sekitar US$10 miliar.