Logo Bloomberg Technoz

Krisis Pangan Dunia: Setelah Beras, India akan Setop Ekspor Gula

News
07 August 2023 13:50

Petani sedang menyusun tebu di distrik Jalana, Maharashtra, India. Dhiraj Singh/Bloomberg
Petani sedang menyusun tebu di distrik Jalana, Maharashtra, India. Dhiraj Singh/Bloomberg

Mumbi Gitau dan Pratik Parija

Bloomberg, Setelah India membatasi ekspor beras untuk mengendalikan harga dalam negeri, para pedagang khawatir bahan makanan pokok lain seperti gula akan sulit didapatkan. Diketahui dunia kini kian bergantung pada ekspor gula dari negara Asia Selatan tersebut karena pasokan global semakin ketat.

Selain itu, curah hujan yang tidak merata di seluruh wilayah pertanian India juga telah memicu kekhawatiran bahwa produksi gula akan jatuh. Produksi berpotensi turun untuk tahun kedua berturut-turut pada musim yang dimulai pada Oktober.

Hal ini akan mengurangi kapasitas India untuk mengekspor. Pemerintah India juga telah membatasi penjualan gandum dan beberapa varietas beras ke luar negeri untuk melindungi suplai dalam negeri dan mengendalikan harga. Hal ini akan menambah tekanan pada pasar-pasar makanan global yang telah terdampak cuaca buruk dan konflik yang memburuk di Ukraina. 

Pertani sedang membawa tebu ke pabrik gula. (Mercury Bloomberg)

Larangan ekspor beras menjadi sebuah sinyal yang jelas bahwa pemerintah mengkhawatirkan ketahanan pangan dan inflasi, kata Henrique Akamine, Kepala Riset untuk gula dan etanol di Tropical Research Services.