Logo Bloomberg Technoz

Sedikitnya 110 Korban Tewas di Gempa Turki-Suriah

News
06 February 2023 13:39

Ilustrasi bendera Turki. (Moe Zoyari/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Turki. (Moe Zoyari/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lebih dari 110 korban tewas akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023). Jumlah korban 76 orang berada di selatan Turki dan 42 orang lainnya di Suriah.

Mengutip Bloomberg News, menurut pemerintah Turki, gempa bumi terjadi dalam skala 7,4 magnitudo sebelum malam hari. Petugas saat ini tengah berusaha menyelamatkan korban di gedung apartemen yang runtuh di beberapa provinsi Turki di sepanjang perbatasan dengan Suriah

Puluhan bangunan runtuh dan beberapa jalan raya rusak akibat gempa yang dirasakan hingga ke Suriah, Lebanon, Siprus, Irak, Mesir, dan Israel itu.

Para korban jiwa diketahuiberada di enam provinsi Turki, termasuk Sanliurfa, Osmaniye, Diyabarkir dan Malatya. Selain korban jiwa terdapat pula ratusan korban yang luka-luka.

Sementara di Suriah, setidaknya 42 orang tewas dan 200 lainnya luka-luka yakni di wilayah Aleppo, Hama, dan Latakia. Demikian dilaporkan kantor berita SANA yang mengutip Wakil Menteri Kesehatan Suriah Ahmed Damiriya.