Logo Bloomberg Technoz

Penjaga Laut RI Latihan 2 Hari dengan Homeland Security AS

Sultan Ibnu Affan
07 August 2023 07:40

Latihan gabungan penjaga luat Indonesia dan Departemen Homeland Security AS (Dok Kemenhub)
Latihan gabungan penjaga luat Indonesia dan Departemen Homeland Security AS (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) melakukan latihan bersama keamanan laut. Latihan bersama ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan berikut kelancaran operasional fasilitas transportasi laut. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bekerja sama dengan US Department of Homeland Security atau Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, menyelenggarakan Joint Exercise ISPS Code fasilitas pelabuhan selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Agustus 2023 di Pelabuhan Batam.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Rivolindo mengatakan bahwa kegiatan Joint Exercise ISPS merupakan momentum yang sangat berharga bagi jajarannya untuk meningkatkan kapabilitas dan kesiapsiagaan untuk menghadapi tantangan ancaman terkait keamanan laut dan pelabuhan.

“Seperti diketahui penerapan ISPS Code di Indonesia merupakan langkah yang strategis dalam menjaga keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan serta memastikan kelancaran operasional. Dalam dunia yang terus berkembang, tantangan keamanan maritim semakin kompleks dan membutuhkan tindakan yang tegas serta sinergi dari semua pihak terkait” ujar Rivolindo.

Latihan bersama ini diikuti perserta dari Direktorat KPLP, KSOP Khusus Batam, Partner Port Security Commite (PSC) antara lain Lantamal IV Batam, Polda Kepulauan Riau, Sat Brimob, Kodim 0316, Bakamla, Bea Cukai, Imigrasi, Kantor Kesehatan, BP Batam,  RSO Yapanindo, dan Perwakilan dari sembilan fasilitas pelabuhan di Batam. 

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain capacity building, drill, dan exercise. Kegiatan capacity building diisi dengan pemberian materi training oleh para Instruktur dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan U.S. Department of Homeland Security. Sedangkan pada hari kedua, kegiatan diisi dengan Apel Joint Exercise ISPS Code bersama US Department of Homeland Security dan Departement of Home Affairs Australian Embassy, sebagaimana keterangan resmi Kemenhub, Minggu (6/8/2023).