Logo Bloomberg Technoz

Ekspor Rusia di Laut Hitam Diserang, Harga Minyak Dunia Naik

News
07 August 2023 06:30

Ilustrasi minyak Rusia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak Rusia. (Dok: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia naik menyusul serangan Ukraina ke kapal Rusia lainnya selama akhir pekan, yang memicu risiko bagi komoditas Rusia dari Laut Hitam, seperti minyak mentah dan biji-bijian.

West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan mendekati US$83 per barel pada awal minggu di Asia setelah naik lebih dari 4% selama dua sesi sebelumnya. Pada Sabtu (05/08/2023) sebuah drone laut menghantam kapal tanker minyak berbendera Rusia yang memasok bahan bakar ke pasukan Moskow di Suriah. Hal itu menyusul serangan terhadap kapal angkatan laut Rusia pada Jumat. 

Perang yang terjadi kali ini dapat mengancam ekspor komoditas Rusia melalui Laut Hitam, rute yang menyumbang 15% hingga 20% dari minyak yang dijual Rusia setiap hari di pasar global dan sebagian besar biji-bijian negara.

Harga minyak menutup kenaikan mingguan keenam pada hari Jumat, kenaikan beruntun terpanjang sejak Juni 2022. Futures minyak telah menghapus kerugiannya tahun ini menyusul pemotongan pasokan dari Arab Saudi dan Rusia, yang menyebabkan pengetatan pasar.