Logo Bloomberg Technoz

Anies Bicara Model Rencana Sambungkan Ekonomi Kota dan Desa

Sultan Ibnu Affan
07 August 2023 06:45

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Konektivitas menjadi hal yang penting agar ekonomi terus bergerak. Hal tersebut yang juga diaminkan oleh bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan. Dia mengatakan, kota harus bisa menjadi penggerak ekonomi dan karena itu harus bisa tersambung dengan desa. Di kota kata dia, umumnya yang ada adalah sektor jasa, manufaktur dan industri.

"Maka kita mengharapkan, merencanakan ke depan bagaimana perekonomian desa itu bisa bergerak dan tersambungkan dengan perkotaan yang berada di sekitarnya," kata Anies Baswedan dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz di Jakarta pada pekan lalu, Kamis (3/8/2023)

Sementara di desa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberi contoh hasil pertanian dan hasil kebun yang mana para petani harus mencari konsumen karena mereka tidak memiliki market 'pasar' secara langsung. Dia membenarkan bahwa infrastruktur jalan menjadi penting untuk mengangkut logistik ke kota. Namun konektivitas juga kata Anies bukan sekadar fisik melainkan harus didukung digitalisasi dan informasi agar data soal hasil dan harga produk pertanian menjadi terbuka.

"Yang tidak kalah penting adalah konektivitas digital. Bagaimana kita bisa memiliki informasi simetrik atas produk-produk yang dihasilkan. Kalau memiliki informasi yang simetrik maka pasarnya bisa efisien. Pasar ini enggak efisien kalau informasinya asimetrik. Semua orang harus memiliki informasi yang sama. Jadi di balik usaha kita yang harus diteruskan, membangun infrastruktur mobilitas, juga pikirkan secara serius membangun infrastruktur informasi, agar antara produsen sampai konsumen itu ada informasi yang lengkap," kata Anies lagi.

Selama ini kata dia dengan kurangnya konektivitas dan informasi, mau tak mau petani menyerahkan hasil pertaniannya kepada tengkulak.