Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Elon Musk, Menkes Budi Minta Internet Puskesmas Dibantu

Ezra Sihite
07 August 2023 05:30

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat bertemu dengan Elon Musk di AS (Rilis Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat bertemu dengan Elon Musk di AS (Rilis Kemenkes)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan pemilik SpaceX Elon Musk dalam rangka penyediaan akses internet di puskesmas-puskesmas daerah terluar dan tertinggal di Indonesia.

“Ini merupakan upaya kami untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di Tanah Air. Puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyarakat yang sehat harus dipastikan infrastrukturnya memadai,” kata Menkes Budi di sela kunjungan kerja ke Amerika Serikat, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan pada Minggu malam (7/8/2023).

Disebutkan bahwa dari 10 ribu puskesmas yang ada, masih ada 2000 puskesmas yang belum memiliki internet. Bahkan ada 11.200 puskesmas pembantu yang juga nirinternet. Padahal kata Budi, peningkatan konektivitas internet dapat membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan. Selain itu akses komunikasi antardaerah akan lebih mudah sehingga pelaporan dari fasilitas pelayanan kesehatan bisa real time. Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia.

“Dengan adanya akses internet, konsultasi layanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan lewat pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan,” kata Menkes Budi soal pertemuan yang terjadi pada pekan lalu, 4 Agustus 2023 tersebut.

Untuk itu kerja sama akan dijajaki dengan Starlink yang merupakan jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan spaceflight swasta SpaceX milik Musk. Starlink menyediakan internet murah ke lokasi terpencil. Starlink berasal dari nama satelit pertama dan terbesar di dunia dengan konstelasi menggunakan orbit Bumi yang rendah untuk menghadirkan internet broadband yang mampu mendukung aktivitas online.