Logo Bloomberg Technoz

Tahun ini, Nord Axis Ltd, sebuah perusahaan yang terdaftar di Hong Kong yang didirikan setelah invasi Rusia, juga muncul sebagai salah satu pedagang terbesar minyak Rusia. Nord Axis tidak dikenal di pasar minyak sampai Trafigura Group menunjuknya sebagai pembeli 10% sahamnya di Vostok Oil, sebuah mega proyek unggulan raksasa minyak Rusia, Rosneft PJSC.

Kini, dokumen dan arsip perusahaan yang ditinjau oleh Bloomberg menunjukkan Direktur Nord Axis adalah seorang perwakilan Coral dan seorang pengacara. Dokumen tersebut memberikan rincian baru tentang orang-orang yang terlibat di perusahaan yang memainkan peran penting dalam memastikan minyak Rusia terus mengalir ke pasar internasional.

Berdasarkan pengajuan perusahaan, seorang warga negara Azerbaijan, Adalat Kazimli tercatat sebagai pemilik semua saham Nord Axis, Mei lalu. Dia pun menjabat sebagai direktu pada Mei-Juni 2023. Atau sebelum dia mengirim sahamnya ke perusahaan induk di Dubai. 

Sejak pengunduran diri Kazimli, pengacara yang berbasis di Istanbul, Murat Sayin, terdaftar sebagai direktur perusahaan.

Surat Kuasa

Dokumen yang dilihat oleh Bloomberg News, tertanggal Maret dan Agustus 2022, menunjukkan Kazimli memegang surat kuasa untuk bertindak atas nama Coral di Turki, dan menandatangani dokumen sebagai perwakilan perusahaan. Dokumen-dokumen tersebut juga menunjukkan Sayin sebagai pengacara yang bekerja atas nama Coral untuk bisnis Turki.

Menanggapi permintaan komentar, Coral mengatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Nord Axis.

Coral mengatakan bahwa Kazimli bertindak sebagai agennya dalam transaksi-transaksi tertentu. "Tuan Kazimli adalah seorang pedagang komoditas yang terkenal di pasar Turki. Namun, ia tidak pernah dipekerjakan atau memegang posisi apa pun di Coral."

"Tuan Sayin, sebagai seorang pengacara terkemuka di industri energi, memberikan layanan hukum kepada perusahaan kami, serta perusahaan perdagangan komoditas dan minyak lainnya di pasar Turki," kata Coral.

Nord Axis tidak memiliki situs web dan Sayin tidak menanggapi permintaan komentar melalui telepon dan email. 

Kazimli mengatakan dalam sebuah tanggapan terhadap pertanyaan bahwa ia tidak dipekerjakan oleh Coral, dan bahwa ia mengundurkan diri sebagai direktur Nord Axis "sejak lama." Kazimli mengatakan bahwa ia memiliki bisnis sendiri di Turki yang tidak terkait dengan salah satu pedagang.

Membeli dan memperdagangkan minyak Rusia tetap legal, meskipun ada serangkaian sanksi internasional atas invasi ke Ukraina, karena pemerintah-pemerintah Barat berusaha memastikan bahwa perdagangan ini tetap berlangsung.

Menurut data KSE Institute tentang perdagangan dan pengapalan Rusia, Nord Axis telah menjadi salah satu pedagang terkemuka minyak Rusia. Perusahaan tersebut memindahkan minyak mentah senilai US$3,66 miliar atau sekitar 586.000 barel per hari dalam empat bulan pertama tahun ini. 

Jumlah tersebut hampir sama dengan total produksi Azerbaijan. Perusahaan ini juga tercatat telah memperdagangkan produk olahan senilai US$2,19 miliar pada bulan Januari hingga April.

Data menunjukkan bahwa penanganan barel Coral Energy menurun tajam dari bulan Desember, menjadi hanya rata-rata 6.100 barel per hari minyak mentah selama periode empat bulan. Perusahaan ini sebelumnya mengatakan, mereka berhenti bertransaksi dengan minyak Rusia mulai 1 Januari 2023. Akan tetapi, beberapa kapal yang mengangkut minyak yang dibeli pada kuartal keempat ternyata baru dikirim pada awal tahun ini.

Nord Axis menjadi terkenal ketika membeli kepemilikan saham Trafigura di proyek Vostok milik Rosneft - kesepakatan yang ditutup pada Juli 2022. Pengajuan perusahaan menunjukkan bahwa Nord Axis membeli perusahaan induk Trafigura di Singapura yang memiliki saham Vostok, termasuk utangnya, hanya dengan harga Sin$1. 

Trafigura sendiri telah menginvestasikan €1,5 miliar untuk saham tersebut, yang termasuk utangnya bernilai €7 miliar sebelum perang.

"Departemen kepatuhan Trafigura melakukan tinjauan penuh terhadap pembeli termasuk struktur kepemilikan dan manajemennya," kata Trafigura dalam sebuah pernyataan, merujuk pertanyaan lebih lanjut pada pengumumannya tentang penjualan tersebut.

(bbn)

No more pages