Logo Bloomberg Technoz

1. Dirjen Peraturan Perundangan Kementerian Hukum dan HAM, Asep Mulyana

2. Guru besar Universitas Padjajaran, Keri Lestari

3. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin

Bali

Gubernur Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati terpilih sebagai kepala daerah Provinsi Bali pada Pilkada 2018. DPRD Bali pun sudah mengirimkan nama calon Pj Gubernur sejak awal Juli lalu.

1. Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra

2. Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum, Inspektur Jenderal Sang Made Mahendra Jaya

3. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ervan Maksum.

Gubernur Bali Wayan Koster saat Musrenbangnas dalam Rangka Penyusunan RPJPN 2025-2045. (Tangkapan layar Youtube Bappenas RI)

Sumatera Utara

Edy Maharyadi bersama Musa Rajekshah terpilih pada Pilkada Sumatera Utara 2018. DPRD pun sudah memutuskan tiga nama calon Pj gubernur di provinsi tersebut

1. Sekda Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho

2. Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Lasro Simbolon

3. Direktur Jenderal Bina Adminisrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA

Sulawesi Tenggara

Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas dilantik Presiden Jokowi pada 5 September 2018. DPRD Sulawesi Tenggara telah sepakat menunjuk tiga nama menjadi calon Pj Gubernur.

1. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komisaris Jenderal Andap Budi Revianto

2. Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio

3. Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun Firihu

NTB

Gubernur Zulkifliemansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah dilantik pada 19 September 2018. DPRD NTB pun telah sepakat mengajukan tiga nama sebagai Pj Gubernur provinsi tersebut

1. Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD, Lalu Niqman Zahir

2. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali

3. Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariadi.

NTT 

Gubernur Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef A Nae Soi juga dilantik menjadi kepala daerah pada 5 September 2018. Beberapa nama yang muncul sebagai calon nama Pj Gubernur antara lain;

1. Deputi Bidang Koordinasi Keamanan, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Inspektur Jenderal Rudolf Albert Rodja

2. Kepala Badan Keahlian Setjen DPR, Inocensius Samsul

3. Deputi Pengendalian Badan Otorita Ibu Kota Negara, Thomas Umbu Paty.

Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar via Instagram @ganjar_pranowo)

Jawa Tengah

Ganjar Pranowo terpilih menjadi gubernur untuk periode keduanya pada Pilkada 2018. Dia dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dilantik pada 5 September 2018 lalu. Hingga saat ini, DPRD Jawa Tengah belum satu suara soal nama-nama Pj Gubernur di wilayahnya. Namun, salah satu nama yang menguat adalah Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno.

Sulawesi Selatan

Andi Sudirman awalnya terpilih sebagai Wakil Gubernur Sulsel bersama Nurdin Abdullah yang kemudian terjerat kasus korupsi. Dia mulai menjadi gubernur menggantikan Nurdin, 10 Maret 2022. Hingga saat ini, DPRD Sulsel juga belum menentukan tiga nama Pj Gubernur.

Akan tetapi, ada sejumlah nama yang dikabarkan masuk dalam bursa Pj kepala daerah tersebut. Mereka adalah Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar; Inspektur Utama Setjen DPR, Komisaris Jenderal Nana Sudjana; dan Laksamana Pertama (Laksma) TNI AL Abdul Rivas Ras.

Papua

Terdakwa kasus korupsi dan Gubernur Papua, Lukas Enembe juga mengakhiri masa jabatannya, September mendatang. Hingga kini belum ada kepastian tentang nama calon Pj Gubernur Papua. 

Beberapa nama yang muncul antara lain Anthonius Ayorbaba saat ini menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenkumham Papua; dan Sekretaris Daerah sekaligus pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun.

Kalimantan Barat

Gubernur Sutarmidji dan Wakil Gubernur Ria Norsan akan memasuki akhir masa jabatan pada 5 September mendatang. Akan tetapi, DPRD Kalimantan Barat belum satu suara soal calon nama Pj Gubernur.

(frg)

No more pages