Logo Bloomberg Technoz

Pegawai Jokowi dan Banyak Jenderal Masuk Bursa Penjabat Gubernur

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 August 2023 14:05

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Kepala Biro Pers Istana Bey Machmudin. (Dok. Sekretariat Presiden)
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Kepala Biro Pers Istana Bey Machmudin. (Dok. Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri akan menunggu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi untuk mengirikan usulan tiga nama calon penjabat atau Pj Gubernur hingga Rabu (9/8/2023). Ada sebanyak 10 pasangan kepala daerah yang akan mengakhiri masa jabatannya pada September mendatang.

Usai diterima Kemendagri, seluruh usulan nama tersebut akan dikirimkan kepada Tim Penilaian Akhir (TPA). Rekomendasi TPA ini akan menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memilih satu nama penjabat yang akan bertugas hingga pemilihan kepala daerah serentak 2024. 

Beberapa lembaga legislatif daerah telah mengirimkan usulan calon Pj Gubernurnya ke Kemendagri. Beberapa nama muncul mulai dari pejabat pada lingkungan Sekretariat Presiden hingga sejumlah jenderal kepolisian dan TNI.

Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur  Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023. DPRD Jawa Barat pun telah mengirimkan tiga nama calon yaitu;