Logo Bloomberg Technoz

Mulai Besok, Jalur Ujian Praktek SIM Berbentuk Huruf S

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 August 2023 11:30

Kepala Korlantas, Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi saat rapat dengan Komisi III DPR. (Tangkapan layar TV Parlemen)
Kepala Korlantas, Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi saat rapat dengan Komisi III DPR. (Tangkapan layar TV Parlemen)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korps lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar uji coba perubahan materi ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kepolisian kini telah menghapus jalur kemudi ujian praktek roda dua atau sepeda motor yang berbentuk angka 8 dan zig-zag.
 
Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Firman Santyabudi mengatakan, lembaganya kini akan menguji penerapan jalur ujian berbentuk huruf S. Polri juga meluncurkan buku ujian materi SIM A dan C agar dapat dipelajari masyarakat sebelum menjalani tes teori.

Menurut Firman, materi ujian teori dan praktek pembuatan SIM yang baru akan diterapkan di seluruh kepolisian resor atau polres, Senin (7/8/2023). Khusus jalur berbentuk S, korlantas akan membuat desain lintasan ujian praktik agar masyarakat dapat berlatih sebelum melakukan ujian.

“Senin nanti masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres sudah bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini,” kata Firman seperti dikutip dari Humas Polri, Minggu (6/8/2023).

Lintasan ujian praktek berbentuk huruf S juga memiliki ruang yang lebih besar. Jalur tersebut berada pada area berukuran 30x35 meter. Ukuran ini setara 2,5 kali dari lebar atau dimensi kendaraan. 

Sebelumnya, jalur ujian berbentuk angka 8 dan rute zig zag hanya berada para area dengan luas 1,5 kali lebar kendaraan.