Logo Bloomberg Technoz

Ukraina dan Negara Sekutu Hadiri Konferensi Damai di Arab Saudi

News
05 August 2023 15:00

Tank Ukraina (Sumber: Bloomberg)
Tank Ukraina (Sumber: Bloomberg)

Daryna Krasnolutska dan Alberto Nardelli

Bloomberg - Ukraina dan para sekutunya akan mengajukan proposal perdamaian Kyiv akhir pekan ini ke lebih dari 30 negara, termasuk beberapa negara dari Global South yang sejauh ini menghindari memihak invasi Rusia.

Proposal perdamaian tersebut akan dibicarakan dalam konferensi tingkat tinggi  di Jeddah, Arab Saudi, sebuah pertemuan yang ditujukan untuk membangun kesepakatan dan dukungan internasional atas upaya perdamaian Rusia vs Ukraina yang telah berperang dalam 18 bulan terakhir.

Kyiv dan para pendukungnya di AS dan Eropa berharap pertemuan yang dimulai Sabtu ini akan membantu menyampaikan pesan mereka ke pemain global utama seperti Brasil, Afrika Selatan, China, dan India, untuk melawan narasi dari Rusia. Sementara itu, Rusia sendiri tidak diundang dalam pertemuan tersebut dan mengecam pertemuan tersebut sebagai sebuah "tipuan".

“Kita tidak dapat berbicara tentang keamanan di dunia atau bahkan di kawasan kita tanpa mempertimbangkan posisi negara-negara yang merupakan pemimpin global,” kata Ihor Zhovkva, wakil kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam sebuah wawancara minggu ini. “Bagaimana kita bisa berbicara tentang perdamaian di Ukraina tanpa melibatkan negara-negara Global South?”