Logo Bloomberg Technoz

Arvilla Delitriana: Longspan LRT Memang Dirancang untuk 35 Km/Jam

Fransisco Rosarians Enga Geken
05 August 2023 10:30

Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Di tengah maraknya sorotan publik terhadap dugaan ‘kesalahan desain’ jembatan lengkung Kuningan di jalur kereta LRT Jabodebek, arsitek Arvilla Delitriana mengatakan infrastruktur longspan tersebut memang sejak awal dirancang untuk kesempatan rendah.

Insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini adalah perancang Longspan Kuningan saat perusahaan tempatnya bekerja, PT Cipta Graha Abadi, bekerja sama dengan kontraktor LRT Jabodebek, Adhi Karya.

Dia sekaligus membantah anggapan jembatan melengkung sepanjang 148 meter dengan radius 115 meter tersebut adalah produk "salah desain".

“Kecepatan LRT dibatasi sesuai dengan radius track. Jembatan mengikuti posisi track. Sejak awal desain, kami menerima kriteria kecepatan dari LRT, maksimum adalah 35 km/jam,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, belum lama ini.

Menurutnya, desain longspan yang disampaikan oleh Adhi Karya adalah alinyemen (alignment atau penyelarasan) yang sudah terintegrasi dengan seluruh lintasan LRT Jabodebek. 

Suasana uji coba LRT Jabodebek di Jakarta, Kamis (9/3/20223). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)