Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Akan Bangun Kereta Gantung di Bandung

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 August 2023 09:20

Menhub Budi Karya (dok: humas Kemenhub)
Menhub Budi Karya (dok: humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kementerian Perhubungan dan pemerintah daerah menuntaskan penataan transportasi di kota besar, salah satunya cekungan Bandung. Pemerintah berencana mengembangkan tiga moda transportasi massal di kawasan tersebut yaitu kereta LRT (Light Rail Transit), BRT (Bus Rapid Transit), dan Kereta Gantung.

“BRT ini tahun 2027 selesai, ada 455 bus yang dioperasikan. Selain itu, usulan Gubernur (Ridwan Kamil) adalah kereta gantung di tempat-tempat yang ada di ketinggian,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2023).

Anggaran pembangunan tiga moda transportasi tersebut akan berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha atau KPBU. Menurut Budi, pemerintah akan menghitung kemampuan fiskal untuk mulai merencanakan tiga angkutan massal tersebut.

“Untuk kereta gantung kita akan mulai bertahap. Insyaallah selain kita menggunakan kereta gantung dari negara-negara maju,” ujar Budi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, bantuan pemerintah pusat bisa mempercepat pembangunan transportasi massal di cekungan Bandung. Menurut dia, saat ini hanya 13% masyarakat yang menggunakan transportasi umum di wilayah tersebut. Pembangunan angkutan massal diharapkan mampu meningkatkan penggunaan tranportasi umum hingga 50%.