Logo Bloomberg Technoz

Penjualan iPhone Turun, Lesunya Permintaan Jadi Tantangan Apple

News
04 August 2023 08:20

ilustrasi toko Apple menjual produk iPhone. (Dok: Bloomberg)
ilustrasi toko Apple menjual produk iPhone. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan Apple Inc. mengalami penurunan sepanjang tiga kuartal berturut-turut. Tren turun diprediksi juga akan terjadi pada kuartal ini imbas minimnya permintaan produk mereka, baik handphone, komputer, ataupun tablet. Apple melaporkan pendapatan mereka turun 1,4% pada kuartal tiga fiskal.

Chief Financial Officer (CFO) Luca Maestri menegaskan raihan kinerja pada periode iini akan serupa. Tren ini memberi sinyal penurunan beruntun terpanjang dalam dua dekade —perlambatan yang tidak biasa untuk perusahaan paling bernilai di dunia.

“Lingkungannya sangat menantang. Konsumen menghadapi tekanan suku bunga, inflasi yang lebih tinggi. Ada banyak pola persilangan yang tidak dapat dihindari oleh Apple, seperti halnya di perusahaan lain,” kata Daniel Flax, analis riset senior dari Neuberger Berman kepada Bloomberg Television.

Laju pendapatan Apple sepanjang 20 tahun terakhir. (Dok: Bloomberg)

Secara keseluruhan pendapatan produsen iPhone ini masih berada di atas estimasi Wall Street pada kuartal akhir sebesar US$81,8 miliar. Raihan ini disokong penjualan layanan yang mencetak rekor, sedangkan permintaan iPhone lebih lemah dari yang diperkirakan.