Logo Bloomberg Technoz

Dua Angkatan Laut AS Diduga Jual Rahasia Militer ke China

News
04 August 2023 06:30

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Peter Martin dan Chris Strohm - Bloomberg News


Bloomberg, Pemerintah Amerika Serikat menangkap dua anggota Angkatan Lautnya. Mereka dituduh telah memberikan informasi militer negara tersebut kepada China dengan imbalan uang. Peristiwa ini menambah dugaan Pemerintah China yang dengan berbagai upaya tengah berusaha mendapatkan informasi rahasia AS.

Pejabat Departemen Kehakiman AS mengatakan, anggota militer pertama adalah Jinchao Wei yang didakwa melakukan spionase di distrik San Diego. Angggota lainnya adalah Bintara Wenheng Zhao dari Monterey Park, California, yang didakwa atas tuduhan konspirasi dan menerima suap dari seorang pejabat publik di Los Angeles.

Kedua pria tersebut adalah warga negara AS yang berasal dari naturalisasi kelahiran Tiongkok. Hingga saat ini, belum ada informasi tentang kuasa hukum dari dua anggota militer tersebut.

Wei diduga mengirim dokumen ke Tiongkok dan menerima ribuan dolar sebagai imbalan. Dokumen-dokumen tersebut berisi informasi tentang potensi kerentanan kapal, foto perangkat keras militer, dan sejumlah manual teknis kapal militer. Menurut Jaksa Penutut, hal ini membuat tingkat keamanan dan keselamatan angkatan laut AS dalam bahaya.