Logo Bloomberg Technoz

Dengan banyaknya perusahaan rival yang masuk, Tesla mulai memangkas harga mobilnya sejak akhir tahun lalu. Perang harga pun terjadi setelah perusahaan-perusahaan lain mulai mengikuti, yang akhirnya memuncak sekitar sebulan lalu. Setelahnya, Tesla dan 15 pembuat mobil China menandatangani pakta yang mencakup komitmen untuk menghindari "praktik penetapan harga yang tidak normal". Akan tetapi janji khusus itu tak lama dicabut, yang mendorong pihak berwenang untuk mendesak perusahaan-perusahaan tersebut mengikuti aturan demi persaingan yang adil.

Selanjutnya, Tesla mengatakan akan memberi pembeli mobil baru uang tunai sebesar 3.500 yuan, dan peningkatan percobaan autopilot gratis jika mereka dirujuk oleh pemilik Tesla. Perusahaan mengatakan pada Rabu (2/8/2023) bahwa program intensif tetap berlaku.

Perusahaan-perusahaan pembuat kendaraan listrik di China membukukan penjualan yang kuat untuk bulan Juli, dengan pengiriman kendaraan energi baru BYD naik 61% dari tahun sebelumnya ke rekor bulanan sebanyak 262.161. Penjualan oleh Li Auto Inc., Nio Inc., dan Xpeng Inc. juga melampaui ekspektasi.

Padahal satu bulan sebelumnya, tidak ada produsen mobil top China yang mencapai 50% dari target penjualan 2023. Hal ini menunjukkan pemotongan harga dan insentif lainnya mungkin akan bertahan.

--Dengan asistensi dari Jinshan Hong.

(bbn)

No more pages