Logo Bloomberg Technoz

Jaga Stok Beras Saat El Nino, HPP Gabah Didesak Naik Lagi

Arif Subakti
03 August 2023 20:40

Ilustrasi penggilingan padi. (Dario Pignatelli/Bloomberg)
Ilustrasi penggilingan padi. (Dario Pignatelli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah disarankan untuk kembali menaikkan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah di tingkat petani pada tahun ini, di tengah antisipasi gangguan produksi pangan akibat fenomena El Nino.

Untuk diketahui, pada akhir kuartal I-2023, pemerintah menetapkan HPP baru untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani seharga Rp5.000/kg dan di tingkat penggilingan Rp5.100/kg. HPP untuk gabah kering giling (GKG) ditetapkan senilai Rp6.200/kg di penggilingan dan Rp6.300/kg di gudang Bulog.

Angka-angka tersebut naik dari harga batas bawah dan atas yang ditetapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebelumnya, yaitu GKP senilai Rp4.550/kg di petani dan Rp4.250/kg di penggilingan.

Berkali-kali saya bilang, kita bicara data saja bahwa El Nino ini menurunkan produksi sekitar 5% untuk padi. Maknanya apa? Penurunan 5% itu setara dengan 1,5 juta ton beras.

Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa

Sementara itu, harga batas atas GKG di tingkat penggilingan sebelumnya ditetapkan sebesar Rp5.700/kg dan batas bawahnya Rp5.250 per kg atau berselisih 8,57%.

Akan tetapi, Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) Dwi Andreas Santosa mengatakan HPP gabah yang sudah dinaikkan itu pun masih terlalu rendah bila dibandingkan dengan perkembangan biaya produksi di tingkat petani saat ini.