Logo Bloomberg Technoz

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang pada saat ini terus memantau progres uji coba LRT Jabodebek. 

“Uji coba ini kita lakukan hingga 5 hari sebelum 18 Agustus, sehingga dapat segera kita laporkan kepada Presiden. Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat kita merayakan ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia,” jelas Budi Karya.

Sementara itu, kontraktor yang menjalankan proyek hingga fasilitas operasional LRT adalah PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Penetapan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 65 Tahun 2016 sebagai perubahan terhadap Perpres Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan Light Rail Transit terintegrasi. 

Berdasarkan hal tersebut, ADHI ditugaskan untuk mengerjakan tidak hanya membangun prasarana tetapi juga mencakup depo, konstruksi jalur layang, stasiun dan fasilitas operasi.

Lantas tersiarnya kabar tersebut apakah ikut memberikan sentimen terhadap pergerakan sahamnya?

Pada perdagangan Kamis (3/8/2023), saham Adhi Karya (ADHI) bergerak melemah 4 poin atau setara dengan 0,88% ke level Rp452/saham. Setelah ditransaksikan sebanyak 2.055 kali. Volume transaksi mencapai 15,23 juta saham, dengan nilai transaksi Rp6,92 miliar.

Pergerakan Saham ADHI pada Agustus (Bloomberg)

Sepanjang Agustus saham ADHI telah kehilangan 24 poin atau terkontraksi mencapai 5,04%. Lebih jauh lagi, secara Year-to-Date (YtD), saham ADHI melemah 6,61% dan sempat mencapai level terendahnya Rp334/saham pada Maret.

(fad/wdh)

No more pages