Logo Bloomberg Technoz

Ada Isu Kesalahan Desain Longspan LRT, Saham ADHI Melemah

Muhammad Julian Fadli
03 August 2023 19:00

Ilustrasi Adhi Karya. (dok. Adhi Karya)
Ilustrasi Adhi Karya. (dok. Adhi Karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Belakangan ini, tengah ramai diperbincangkan terkait dengan isu kesalahan desain jembatan lengkung (longspan) Lintas Rel Terpadu Jakarta—Bogor—Depok—Bekasi (LRT Jabodebek), seperti diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN I Kartika Wirjoatmodjo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut memberikan komentarnya, dan meminta masyarakat untuk memaklumi kekurangan yang terjadi dalam pengerjaan proyek lintas rel terpadu LRT Jabodebek. 

“Jadi kalau ada kekurangan, masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi ya saya kira wajar. Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna, tidak. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan perbaikan teknis yang lain-lainnya,” papar Jokowi saat melakukan uji coba LRT Jabodebek, mengutip pada laman Setkab, Kamis (3/8/2023).

Dalam uji coba tersebut, Jokowi mengatakan terdapat sejumlah hal yang harus disempurnakan. Kendati demikian, dia menilai hal tersebut wajar karena Indonesia baru pertama kali memiliki LRT, begitu juga dengan Moda Raya Terpadu (MRT), dan juga kereta cepat.

Menariknya, LRT akan mulai beroperasi secara komersial sebagai transportasi umum pada saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Negara Republik Indonesia.