Logo Bloomberg Technoz

Gara-gara Bayar Dividen, Ekuitas Matahari (LPPF) Langsung Negatif

Donald Banjarnahor
03 August 2023 13:45

Ilustrasi Matahari. (Dok. matahari.com)
Ilustrasi Matahari. (Dok. matahari.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) atau Matahari tiba-tiba mencatatkan ekuitas negatif Rp160,07 miliar pada akhir Juni 2023.

Hal ini memantik sejumlah pertanyaan karena emiten ini mencatatkan laba bersih Rp683,87 miliar pada periode Semester I-2023. Apalagi, pada Maret 2023 atau 3 bulan sebelumnya, Matahari masih mencatatkan ekuitas Rp467,48 miliar. 

Sangat jarang terjadi tiba-tiba ada emiten mengalami ekuitas negatif ketika masih mencetak laba. Bursa Efek Indonesia pun langsung memberikan stempel khusus kepada Matahari, yakni Notasi Khusus E dan X pada 2 Agustus 2023 kemarin. Notasi E adalah laporan keuangan terakhir menunjukkan ekuitas negatif dan notasi X adalah emiten dicatatkan di Papan Pemantauan Khusus.

Dalam suratnya kepada Bursa Efek Indonesia, manajemen Matahari ingin meyakinkan bahwa mereka memiliki kapasitas keuangan yang kuat dan komitmen terhadap pertumbuhan, yang tidak terpengaruh oleh posisi ekuitas yang negatif.

Manajemen menjelaskan penurunan ekuitas hingga menyentuh negatif disebabkan adanya pembayaran dividen Perseroan baru-baru ini sebesar Rp 1,2 triliun. Selain itu, perseroan juga melakukan aktivitas pembelian kembali saham (buyback) dengan nilai kumulatif sebesar Rp 1,3 triliun sejak 2022.