Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Masyarakat Maklum Jembatan Lengkung LRT Salah Desain

Elisa Valenta
03 August 2023 12:58

Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo meminta masyarakat untuk memaklumi kekurangan yang terjadi dalam pengerjaan proyek lintas rel terpadu LRT Jabodebek. 

Jokowi juga turut memberi komentar terkait isu kesalahan desain jembatan lengkung (longspan) yang belakangan diungkap Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

“Jadi kalau ada kekurangan, masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi ya saya kira wajar. Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna, tidak, pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan perbaikan teknis yang lain-lainnya,” ujar Jokowi saat melakukan uji coba LRT Jabodebek, dilansir dari laman Setkab, Kamis (3/8).

Dalam uji coba tersebut Jokowi mengatakan terdapat sejumlah hal yang harus disempurnakan. Kendati demikian ia menilai hal tersebut wajar karena Indonesia baru pertama kali memiliki LRT, begitu juga dengan moda raya terpadu (MRT), dan juga kereta cepat.

“Jadi tidak usah tergesa-gesa untuk segera dioperasikan, tetapi semuanya yang berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, yang berkaitan dengan keselamatan itu harus diutamakan,” ujar Jokowi.