Logo Bloomberg Technoz

Kebijakan yang ketat itu terjadi bersamaan dengan periode lockdown Covid. Hal itu pun memicu turunnya kepercayaan pada bisnis swasta yang membebani ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Pemerintah bulan lalu berjanji untuk memperbaiki kondisi bisnis swasta dan memperlakukan mereka dengan cara yang sama seperti perusahaan milik negara.

Pihak berwenang juga didorong untuk mencari masukan dari pemilik usaha sebelum menyusun dan mengevaluasi kebijakan.

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Dalam program pengumpulan informasi terbaru ini, masyarakat juga dapat memberikan saran tentang cara meningkatkan sektor swasta melalui platform internet yang didukung pemerintah.

Himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk melaporkan permasalahan di dunia usaha ini bukanlah hal yang aneh. China pernah meluncurkan platform untuk mengumpulkan kiat-kiat tentang kesulitan implementasi kebijakan pemerintah pusat pada 2019.

Hal itu membantu pihak berwenang membasmi beberapa tata kelola yang buruk: Agustus lalu, misalnya, informasi diterima soal pejabat di Guangdong yang memalsukan bukti untuk mendenda truk karena diduga melakukan pembuangan ilegal.

Pada Selasa, badan intelijen negara China juga meluncurkan kampanye anti-spionase di media sosial yang mencakup masukan dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan.

- Dengan asistensi Rebecca Choong Wilkins dan Xiao Zibang.

(bbn)

No more pages