Logo Bloomberg Technoz

Sementara topan saat ini menuju ke China, diperkirakan arahnya akan berubah secara dramatis dan mulai menuju timur laut menuju Jepang, menurut perkiraan resmi Taiwan.

Listrik di sekitar 170.000 bangunan di Pulau Okinawa Jepang padam pada Kamis pagi, menurut pernyataan dari kementerian perdagangan Jepang. Pemulihan sedang dilakukan di daerah-daerah di mana angin kencang telah mereda, tetapi proses ini butuh waktu karena topan bergerak perlahan.

Pihak berwenang di China barat daya sedang mempersiapkan dampak potensial dari topan ini. Mereka mengirim tim tanggap darurat ke provinsi Zhejiang untuk membantu pekerjaan pencegahan, demikian dilaporkan Xinhua, Kamis.

Beijing saat ini juga masih menghadapi dampak dari hujan terlebat yang pernah melanda ibu kota China itu. Setidaknya 20 orang dilaporkan tewas karena sisa-sisa Topan Doksuri - yang menutup sebagian Taiwan selatan minggu lalu - menyebabkan banjir dan kerusakan di beberapa wilayah, dan memaksa hampir satu juta orang dievakuasi dari rumah mereka di Beijing dan provinsi tetangga Hebei pekan ini.

Kementerian Manajemen Darurat China memperingatkan bahwa beberapa wilayah menghadapi risiko banjir yang tinggi pada Agustus, dengan dua hingga tiga topan diperkirakan akan mendarat atau memiliki berdampak ke wilayah pesisir China, demikian menurut laporan Xinhua, Rabu. 

-Dengan asistensi Argin Chang, Shoko Oda dan Luz Ding.

(bbn)

No more pages