Logo Bloomberg Technoz

Banyak Konten Kebencian & Subversif, Negara Ini Blokir TikTok

News
03 August 2023 10:00

TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)
TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)

Katarina Hoije - Bloomberg News

Bloomberg - Senegal melakukan suspensi terhadap  TikTok di semua jaringan operator ponsel karena khawatir platform media sosial ini digunakan untuk memicu protes dengan kekerasan.

Aplikasi ini telah menjadi alat untuk menyebarkan "pesan kebencian dan subversif" oleh individu "yang mengancam ketidakstabilan negara," Menteri Komunikasi, Telekomunikasi dan Ekonomi Digital Moussa Bocar Thiam mengatakan dalam sebuah pernyataan di ibukota, Dakar, Rabu.

Senegal dilanda protes sporadis dan semakin keras sejak Maret 2021, ketika pemimpin oposisi Ousmane Sonko ditangkap dan didakwa melakukan pemerkosaan. Politisi populer itu kemudian dihukum karena merusak moral seorang pemuda dan didakwa merencanakan pemberontakan - membuatnya tidak mungkin dapat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden tahun depan.

Akses internet pada jaringan seluler di Senegal diblokir untuk hari ketiga pada Rabu kemarin, setelah protes mematikan atas penangkapan Sonko. Imbal hasil Surat Utang berdenominasi dolar dan bertenor 10 tahun milik Senegal 30 basis poin menjadi 8,83%, tertinggi dalam hampir sebulan.