Logo Bloomberg Technoz

Selain TikTok, Senat Minta Pemerintah Australia Larang WeChat

News
03 August 2023 08:55

Ilustrasi Aplikasi TikTok dan WeChat asal China. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi Aplikasi TikTok dan WeChat asal China. (Dok. Bloomberg)

Ben Westcott dan Jamie Tarabay - Bloomberg News


Bloomberg, Anggota senat, melalui sebuah panel parlemen, meminta Pemerintah Australia memperluas larangan terhadap TikTok dalam rancangan aturan terbaru. Salah satunya, parlemen meminta pemerintah juga melarang atau ban aplikasi WeChat.

Dalam laporan Selasa lalu, sebuah komite mengusulkan penambahan persyaratan transparansi yang lebih ketat terhadap platform digital yang masuk ke Australia. Hal ini termasuk informasi kepemilikan dan prosedur moderasi konten platform media sosial, dan potensi denda hingga sanksi pelarangan.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena ada banyak sekali campur tangan asing di platform-platform tersebut," kata Senator James Paterson, ketua Komite Khusus tentang Campur Tangan Asing melalui Media Sosial.

Berdasarkan informasi, semua media sosial raksasa telah bertemu dengan komite senat Australia, kecuali pemilik WeChat yaitu Tencent. Paterson menuduh Tencent menunjukkan "penghinaan" terhadap Parlemen Australia dengan tidak hadir di hadapan komite.