Logo Bloomberg Technoz

Soal Penyerahan Dapen Bermasalah, Erick Masih Tunggu Audit BPKP

Sultan Ibnu Affan
02 August 2023 21:20

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar via instagram @erickthohir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pihaknya tak kunjung melaporkan perusahaan pengelola dana pensiun (Dapen) pelat merah ke Kejaksaan Agung lantaran masih menunggu hasil audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Belum, karena kita (masih) nunggu audit BPKP ternyata," ujar Erick saat ditemui Bloomberg Technoz di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Menurut Erick, hasil audit BPKP terkait kinerja Dapen akan membuat laporan menjadi lebih akuntabel sebelum diserahkan ke Kejagung.

Hingga saat ini pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Kejagung dan BKPK untuk mengusut tuntas perusahaan pelat merah tersebut. Maka dari itu, dia menginginkan proses ini juga bisa lebih cepat. Dia pun lantas memperkirakan bahwa proses audit itu bakal tuntas pada September mendatang. " Kan saya nggak bisa maksa BPKP. Maunya cepat kita,"

Kementerian BUMN sebelumnya berencana akan melaporkan dua dapen BUMN bermasalah pada akhir bulan Juli lalu. Berdasarkan informasi yang diterima Bloomberg Technoz, pelaporan ini seharusnya dilakukan akhir bulan lalu.