Logo Bloomberg Technoz

Rusia Beri Sinyal Tepati Janji Pangkas Produksi Minyak

News
02 August 2023 21:00

Ilustrasi minyak mentah (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi minyak mentah (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Dua indikator minyak Rusia yang paling banyak diamati —ekspor lintas laut dan pemrosesan minyak mentah domestik— akhirnya memberi sinyal negara itu mungkin akan sepenuhnya mematuhi janji kepada OPEC+ untuk memangkas produksi.

Bulan lalu, jumlah minyak mentah yang lebih besar dikirim ke kilang Rusia. Akan tetapi, ekspor melalui laut mengalami penurunan yang lebih banyak. Hasil bersihnya adalah volume harian gabungan untuk dua aliran minyak yang berada di bawah 8,6 juta barel.

Angka tersebut hampir 490.000 barel di bawah level Februari, yang sejalan dengan pengurangan produksi yang dijanjikan oleh Rusia.

Produksi minyak Rusia. (Sumber: Bloomberg)

Menurut informasi pelacakan kapal yang dipantau oleh Bloomberg dan sumber lain, aliran minyak harian rata-rata dari pelabuhan Rusia turun menjadi 2,98 juta barel per hari dalam empat pekan hingga 30 Juli, menunjukkan level terendah sejak musim dingin. Di sisi lain, kilang minyak negara menaikkan tingkat pemrosesan mereka menjadi sekitar 5,62 juta barel per hari pada 1—26 Juli, yang merupakan tertinggi sejak Maret.