Logo Bloomberg Technoz

Tanggapi Rocky Gerung, Jokowi Sebut Dirinya Fokus Kerja

Sultan Ibnu Affan
02 August 2023 16:40

Jokowi dan Xi Jinping(Bloomberg Mercury)
Jokowi dan Xi Jinping(Bloomberg Mercury)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya merespons singkat saat ditanya soal kritik pengamat politik dan filsafat Rocky Gerung kepadanya. Jokowi tak mau panjang lebar menanggapi video viral Rocky Gerung di sebuah acara yang mengkritik Jokowi dengan diksi yang dianggap kasar dan tak pantas.

"Itu hal-hal kecillah, saya kerja aja ya," kata Presiden Jokowi sambil tersenyum saat menanggapi soal Rocky.

Hal tersebut disampaikannya usai meresmikan pembukaan Gelar Batik Nusantara Tahun 2023 di Senayan Park, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023), dikutip dari laman Setkab.

Sebelumnya Rocky Gerung mengomentari soal kunjungan Jokowi ke China demi mempertahankan legacy. Langkah Jokowi itu dianggapnya tak pantas karena terlalu ingin mempertahankan kekuasaan dan pengaruh. Dalam video yang kemudian diunggah akun Refly Harun itu, terdapat dua kata yang dianggap kasar, salah satunya "bajingan" yang dilontarkan Rocky merujuk kepada Presiden Jokowi.

Rocky lalu dilaporkan atas tuduhan menghina Jokowi oleh sejumlah kelompok relawan. Dia dua kali dilaporkan atas dugaan penghinaan. Pelaporan pertama dilaporkan oleh relawan Jokowi atas nama Barikade 98 yang dilayangkan oleh Benny Ramdani pada Senin (31/7/2023). Namun laporan itu dikabarkan ditolak oleh Bareskrim Polri.