Logo Bloomberg Technoz

Saran Para Ahli Agar Indonesia Bisa Jadi Raja Kendaraan Listrik

News
02 August 2023 14:20

Interior mobil listrik Tesla Model Y yang diluncurkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (20/7/2023). (Samsul Said/Bloomberg)
Interior mobil listrik Tesla Model Y yang diluncurkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (20/7/2023). (Samsul Said/Bloomberg)

Claire Jiao dan Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Ambisi Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dunia bukanlah sebuah cita-cita yang mudah dicapai.

Dalam kunjungan kenegaraan ke China pekan lalu, Jokowi mengharapkan produsen mobil besar dunia, termasuk asal China, untuk mendirikan pabrik di Indonesia, tempat dimana sumber nikel —bahan baku baterai kendaraan listrik–berasal. Pergeseran ini didorong oleh investasi miliar dolar dari China pada pabrik-pabrik metal.

Setelah bertemu Jokowi, Xi Jinping, Presiden China mengatakan sangat memungkinkan untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang, termasuk kendaraan energi baru.

Dalam kunjungan, salah satu perwakilan dari rombongan Jokowi juga berencana untuk mengunjungi BYD Co, perusahaan mobil listrik besar asal China —yang telah menyatakan akan menjajaki proyek-proyek di Indonesia. Pejabat yang sama juga akan bertemu dengan Elon Musk, pemilik Tesla Inc. di California akhir pekan ini.