Logo Bloomberg Technoz

Rahasia Militer Taiwan Bocor ke China, Para Perwira Diselidiki

News
02 August 2023 14:00

Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)
Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)

Cindy Wang - Bloomberg News

Bloomberg, Taiwan menyelidiki sejumlah perwira yang diduga membocorkan rahasia militer ke China. Kasus ini menyoroti ancaman spionase yang dihadapi Taiwan dari negara tetangganya yang jauh lebih besar tersebut. Sejak lama hubungan Taiwan dan China memang panas dingin.

Kementerian Pertahanan di Taipei mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (2/8/2023) bahwa pihaknya telah menemukan bukti adanya anggota militer, termasuk seorang letnan kolonel, memberikan informasi sensitif kepada perwakilan Partai Komunis China.

Dilaporkan oleh Liberty Times tanpa memberikan sumber dari informasi, anggota aktif dan pensiunan dari komando penerbangan dan pasukan khusus tentara menjadi tersangka dalam kebocoran itu. Dua orang ditahan dan empat lainnya dibebaskan dengan jaminan.

Militer Taiwan terus dihadapkan dengan kesulitan saat berusaha menemukan mata-mata yang terkait dengan China. Amerika Serikat (AS), pendukung militer terbesar Taiwan sejak lama khawatir tentang kemampuan Taiwan untuk menjaga teknologi dan rahasianya dari China.