Logo Bloomberg Technoz

Inovasi Superkonduktor Picu Kenaikan Saham Korea & China

News
02 August 2023 11:40

Ilustrasi teknologi superconductor. (Dok: Noriko Hayashi/Bloomberg)
Ilustrasi teknologi superconductor. (Dok: Noriko Hayashi/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Klaim atas terobosan teknologi superkonduktor telah memicu kenaikan beberapa saham di bursa Korea Selatan (Korsel) dan China. Superkonduktor digadang-dagang akan merevolusi industri  listrik, transportasi, dan chip, meski para ilmuwan masih meragukannya.

Saham-saham berkapitalisasi kecil seperti Duksung Co, Sunam Co dan Shinsung Delta Tech Co mengalami lonjakan harga hingga 30% dalam dua hari berturut-turut di bursa saham Seoul. Sementara Jiangsu Fasten Co. dan Innovation New Material Technology Co. naik sebesar 10% pada sesi kedua perdagangan di bursa China.

Saham-saham yang dianggap terkait dengan teknologi ini telah meningkat sejak laporan para peneliti Korea pada 22 Juli silam. Mereka mengatakan telah menghasilkan superkonduktor pertama di dunia yang mampu menghantarkan listrik pada suhu kamar. Superkonduktor ini menggunakan bahan timbal dengan kode LK-99.

“Jika LK-99 terbukti benar dan dapat diproduksi secara massal, ini akan mendisrupsi industri,” tulis Nick Cheng, seorang analis Jefferies Financial Group Inc. dalam sebuah catatan.