Logo Bloomberg Technoz

Youtuber Burger Paling Hits Tuntut Mitranya karena Kualitas Turun

News
01 August 2023 20:10

James Donaldson atau dikenal sebagai MrBeast. (Sumber: Instagram @mrbeast)
James Donaldson atau dikenal sebagai MrBeast. (Sumber: Instagram @mrbeast)

Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg,  James Donaldson, seorang YouTuber yang lebih dikenal sebagai MrBeast menggugat mitranya dalam bisnis pengiriman makanan (food delivery). Dia mengatakan perusahaan tersebut telah mengorbankan kualitas dalam upaya mengembangkan bisnis.

Beast Investments LLC milik Donaldson menggugat Virtual Dining Concepts, perusahaan asal Florida yang didirikan bersama oleh mantan eksekutif Planet Hollywood Robert Earl, karena pelanggaran kontrak. MrBeast lalu meminta hakim federal di Manhattan atas hak untuk menghentikan hubungan bisnis dengan perusahaan tersebut.

Donaldson, yang memiliki lebih dari 170 juta subscriber di YouTube, bermitra dengan Virtual Dining sejak 2020. Mereka mulai menjual kombo burger dan kentang goreng pada Desember pada tahun itu. Keduanya memanfaatkan restoran dan dapur komersial di seluruh negeri yang terdampak oleh pandemi. Pelanggan akan memesan secara online melalui situs web MrBeastBurger atau layanan pengiriman lainnya untuk dikirim atau diambil. Konsep ini juga dikenal sebagai ghost kitchen 'dapur hantu'.

Dalam gugatan tersebut dikatakan, berkat keterampilan promosi Donaldson, para mitra berhasil menjual 1 juta bruger dalam tiga bulan pertama. Pada tahun 2022, mereka telah mendaftarkan 1.700 restoran yang berpartisipasi. Bisnis burger ini menjadi salah satu dari banyak cara bagi Donaldson untuk membangun perusahaan baru dengan memanfaatkan para pengikutnya di media sosial, termasuk lini makanan ringan Feastables.