Logo Bloomberg Technoz

Tahi Lalat Bisa Tanda Kanker Kulit, Cek Ciri-cirinya

Krizia Putri Kinanti
01 August 2023 19:00

Ilustrasi Tahi Lalat. (Photo By Wavebreakmedia via Envato)
Ilustrasi Tahi Lalat. (Photo By Wavebreakmedia via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ahli kedokteran menjelaskan soal perlunya mewaspadai tahi lalat yang bisa menjadi cikal bakal kanker kulit. Namun ada ciri yang bisa diketahui untuk mendiagnosis awal ciri tahi lalat yang berbahaya.

Sekjen Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi)Dr M. Yadi Permana, SpB(K) Onk menjelaskan soal hal tersebut.

“Walau dia (tahi lalat) tidak banyak bisa dilihat dan tidak menimbulkan gejala bermakna tapi bisa saja kanker kulit,” kata Yadi di acara pada media briefing IDI, Selasa (1/8/2023) secara daring.

Ia menambahkan bahwa memang tidak ada patokan yang bisa memastikan kapan tahi lalat akan aktif menjadi kanker kulit. Namun demikian ada ciri-ciri yang menandakan bahwa tahi lalat itu merupakan kanker kulit. Cirinya adalah perubahan sifat atau bentuk tahi lalat, beda tekstur dengan jaringan kulit sekitarnya dan mudah berdarah.

Oleh karena itu kata dia, manusia harus menjaga kesehatan kulit pula untuk meminimalisir potensi ini. Salah satunya adalah mengurangi terpapar ultra violet (UV). Apabila ingin keluar rumah maka harus memperhatikan UV Index. Hal itu kini bisa dengan mudah dicek di gawai.