Logo Bloomberg Technoz

China Tambah Pinjaman untuk Perusahaan Demi Pacu Ekonomi

News
01 August 2023 17:40

Ilustrasi gedung-gedung di China. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi gedung-gedung di China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China telah berjanji akan meningkatkan jumlah kredit ke perusahaan-perusahaan swasta dan memperluas langkah pendanaan lainnya ke perusahaan-perusahaan kecil, saat para pembuat kebijakan sedang mencari cara untuk menopang keyakinan dan mendukung pemulihan.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) mengatakan dalam pemberitahuan yang di-posting pada Selasa (1/8/2023) di situs webnya mengatakan, China akan memperluas peningkatan kredit obligasi yang didukung oleh lembaga keuangan untuk semua perusahaan swasta yang memenuhi syarat. Pada masa lalu, kebijakan tersebut digunakan terutama untuk membantu mengembangkan properti yang kekurungan uang, mengumpulkan dana dari pasa obligasi.

Pemberitahuan tersebut mencakup 28 poin yang ditujukan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan dukungan keuangan, dan berjanji untuk memenuhi permintaan di antara perusahaan atas tanah, memperkuat perlindungan hukum, dan menindak komentar negatif terkait sektor swasta.

Investasi perusahaan swasta China. (Sumber: Bloomberg)

"Langkah-langkah tersebut didasarkan pada kebutuhan perusahaan swasta dan berfokus pada penyelesaian masalah luar biasa yang dihadapi oleh sektor ini," kata pejabat NDRC Wang Shancheng pada sebuah pengarahan Selasa (1/8/2023). "Kami berharap mereka menjadi pragmatis dan ingin efeknya muncul dalam waktu dekat."