Logo Bloomberg Technoz

Perizinan Acara Seni dan Olahraga akan Satu Pintu agar Transparan

Sultan Ibnu Affan
01 August 2023 17:20

Menpora Dito Ariotedjo memberikan keterangan pers di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (01/08/2023). (Foto: Humas Setakb/Agung)
Menpora Dito Ariotedjo memberikan keterangan pers di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (01/08/2023). (Foto: Humas Setakb/Agung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan sistem satu pintu elektrobik dalam hal pengurusan perizinan untuk kegiatan seni dan olahraga. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, hal itu sudah dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (1/8/2023).

“Jadi ini tadi (rapat) memantapkan dan memfinalisasikan terkait nantinya kita akan meluncurkan terkait perizinan untuk kegiatan seni dan olahraga jadinya satu pintu. Satu pintu dan semua nantinya akan bisa diajukan secara elektronik/digital. Jadi mengurangi interaksi antara pelaku usaha penyelenggara kegiatan seni dan olahraga dengan pejabat yang berwenang.” ujar Dito di kompleks Istana Negara, Jakarta.

Melalui sistem tersebut, lanjut Dito, para penyelenggara dapat memantau secara langsung perizinan yang diajukan untuk acara yang akan diselenggarakan. Sistem itu juga akan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta efisiensi waktu.

“Ini saya rasa menjadi doa dan juga mimpi dari industri EO karena kita sangat mengetahui selama ini mungkin karena banyaknya perizinan yang harus didapatkan, sekarang akan kita ciptakan sistem satu pintu terpadu,” ujarnya.

Pemerintah berharap kebijakan satu pintu ini dapat mendorong penyelenggaraan acara yang lebih mudah dan terukur. Selain itu, pemerintah dan lembaga terkait lainnya juga dapat memantau langsung kegiatan.