Logo Bloomberg Technoz

Juli, Inflasi di Kampung Halaman Jokowi Tertinggi Se-Jawa

Krizia Putri Kinanti
01 August 2023 11:14

Presiden Jokowi mengunjungi KPP Pratama Surakarta, Jawa Tengah (BPMI Setpres)
Presiden Jokowi mengunjungi KPP Pratama Surakarta, Jawa Tengah (BPMI Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadi inflasi 0,21% pada Juli dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang 0,14%.

Pada Selasa (1/8/2023), Deputi Kepala BPS Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini menyebut terdapat sejumlah peristiwa yang menyumbang inflasi bulan lalu.

"Mengacu kepada laporan BMKG, curah hujan sepanjang Jli masih berkategori rendah. Kondisi ini berpengaruh kepada kondisi hortikultura dan harga di tingkat konsumen. Kemudian Juli bertepatan dengan tahun ajaran baru sekolah, yang berpengaruh kepada harga. Pada awal Juli, pemerintah juga menyesuaikan harga BBM terutama yang non-subsidi," papar Pudji dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta.

Sumber: BPS

Menurut wilayah, dari 90 kota pembentuk Indeks Harga Konsumen (IHK) terdapat 77 yang mengalami inflasi dan sisanya deflasi. Dari 77 kota tersebut, 46 kota mengalami inflasi di atas angka nasional.

"Inflasi tertinggi terjadi di Manokwari yaitu 1,43%. Sementara deflasi terdalam terjadi di Tual yakni 0,5%," lanjut Pudji.