Logo Bloomberg Technoz

Kode Keras Merger NOBU & MNC Bank di Balik Rights Issue Rp900 M

Dityasa Hanin Forddanta
01 August 2023 11:10

Ilsutasi Bank Nobu. (Dok. Bank Nobu)
Ilsutasi Bank Nobu. (Dok. Bank Nobu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Entitas usaha milik Lippo Group, PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) akan menggelar rights issue bertajuk penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) III.

Berdasarkan prospektus, Selasa (1/8/2023), NOBU akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 2,19 miliar saham atau setara 29,35% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PMHMETD III. Rights issue menggunakan rasio 59:1.

Artinya, setiap pemegang 59 HMETD berhak untuk membeli satu saham baru dengan nilai nominal Rp100/saham. Harga pelaksanaan aksi korporasi ini Rp410/saham. Sehingga, NOBU akan memperoleh dana segar Rp900,02 miliar. Aksi korporasi tersebut memberikan efek dilusi maksimal 29,35%.

PT PuteraMulia Indonesia yang juga merupakan pemegang saham utama NOBU menyatakan komitmennya sebagai pembeli siaga. Selain perusahaan ini, PT Cakrawala Prima Sentosa dan PT Inti Anugerah Pratama juga akan bertindak senagai pembeli siaga. Keduanya juga merupakan pemegang saham NOBU.

NOBU akan menggunakan sekitar 82,14% dana hasil rights issue untuk belanja operasional atau operational expenditure (opex). sisanya akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). 

Pemenuhan Modal Inti