Logo Bloomberg Technoz

Dewan Negara China telah meminta kota-kota untuk mulai memperkenalkan kebijakan-kebijakan yang memastikan pasar properti yang sehat, demikian dilaporkan China Central Television setelah sebuah pertemuan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Qiang pada Senin (31/7/2023).

Badan pengambil keputusan tertinggi Partai Komunis minggu lalu juga berjanji mengoptimalkan dan menyesuaikan kebijakan-kebijakan untuk sektor properti. Politbiro juga menghilangkan referensi dari pernyataan Presiden Xi Jinping bahwa rumah adalah untuk tempat tinggal dan bukan spekulasi.

Kebijakan-kebijakan yang ada sejauh ini telah gagal mempertahankan kebangkitan sektor perumahan, menempatkan target pertumbuhan ekonomi tahunan pemerintah sebesar 5% dalam risiko. Harga-harga rumah kembali turun sementara investasi properti terus menyusut.

Pemerintah China bergerak untuk mengatasi kesulitan pendanaan para pengembang. Di bulan Juli, regulator memperpanjang keringanan pinjaman bagi para pengembang guna memastikan selesainya rumah-rumah yang sedang dibangun. Pengawas pasar modal juga telah berjanji memastikan pendanaan para pengembang di pasar obligasi dan saham.

(bbn)

No more pages