Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Rumah China Turun Dalam, Pemulihan Ekonomi Terancam

News
01 August 2023 10:50

Ilustrasi properti China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan rumah di China anjlok paling besar dalam satu tahun terakhir di bulan Juli. Hal ini menjadi sorotan bagi para pembuat kebijakan untuk segera mengatasi perlambatan sektor properti yang membebani pemulihan ekonomi.

Menurut data awal China Real Estate Information Corp., nilai penjualan rumah baru dari 100 pengembang real estate terbesar turun 33,1% dari tahun sebelumnya menjadi 350,4 miliar yuan atau US$49 miliar (Rp735 triliun). Penurunan ini merupakan yang kedua kalinya secara berturut-turut, setelah empat bulan sebelumnya mengalami kenaikan. Penjualan turun 33,5% secara bulanan.

Penurunan transaksi merupakan pukulan bagi para pengembang properti yang membutuhkan danai tunai guna meringankan krisis kredit yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Ilustasi pasar properti China (Dok Bloomberg)

"Tren penjualan yang lemah, jika terus berlanjut, akan menyebabkan lebih banyak pengembang, terutama pengembang swasta, gagal bayar dalam waktu dekat," ungkap Raymond Cheng, kepala riset China dan Hong Kong di CGS-CIMB Securities sebelum angka-angka tersebut dirilis.