Logo Bloomberg Technoz

Exxon Pepet Tesla, Ford, VW untuk Pasok Bahan Baku Mobil Listrik

News
01 August 2023 10:40

Menara pemrosesan minyak dan infrastruktur milik Exxon Mobil Corp. Banyu Urip Central Processing Facility di Bojonegoro (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara pemrosesan minyak dan infrastruktur milik Exxon Mobil Corp. Banyu Urip Central Processing Facility di Bojonegoro (Dimas Ardian/Bloomberg)

Ari Natter, Yvonne Yue Li, dan Joe Deaux - Bloomberg News

Bloomberg, Exxon Mobil sedang dalam pembicaraan dengan Tesla, Ford, Volkswagen dan produsen mobil lainnya untuk memasok litium. Raksasa minyak itu tengah membangun bisnis logam baterai yang penting, demikian menurut para sumber yang mengetahui perihal tersebut.

Exxon adalah salah satu dari beberapa perusahaan minyak dan gas yang ingin berekspansi ke produksi litium untuk memanfaatkan lonjakan permintaan penggunaan baterai kendaraan listrik, dan sebagai diversifikasi bisnis di luar bahan bakar fosil.

Pembicaraan dengan pelanggan potensial masih tahap awal, dan perusahaan belum menyusun rencana operasi litium. Namun, diskusi tersebut merupakan tanda terbaru dari meningkatnya minat Exxon pada bisnis litium.

Perusahaan juga telah melakukan pembicaraan dengan raksasa baterai Samsung dan SK On, kata beberapa sumber yang meminta tidak disebutkan namanya. Exxon, SK On,dan Volkswagen menolak berkomentar. Sementara Tesla, Ford, dan Samsung tidak membalas pesan saat dimintai tanggapan.