Logo Bloomberg Technoz

PLN Godok 3 Skema Kemitraan SPKLU Kendaraan Listrik

Arif Subakti
31 July 2023 21:10

SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 4 (Dok. PLN)
SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 4 (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan tiga skema kemitraan untuk menarik minat pengusaha berinvestasi di bisnis stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan perseroan tengah menyiapkan sistem baru yang memungkinkan mitra operator SPKLU untuk dapat menerima pendapatan ke rekening masing-masing.

“Jadi kami sudah mengembangkan sistem digital untuk pengisian masing-masing pihak yang bermitra dengan PLN agar nanti revenue-nya masuk ke rekening mitra. Entah itu pemilik lahan, pemilik mesin, atau yang lainnya. Nanti langsung masuk ke sana,” ujarnya, Senin (31/7/2023).

Untuk saat ini, jelasnya, pendapatan mitra penyedia SPKLU masih masuk ke rekening PLN yang selanjutnya ditransfer ke rekening mitra tanpa memerlukan uang jaminan langganan.

“Nantinya, untuk desain SPKLU minimalis tanpa shelter, kami juga tidak mewajibkan harus menggunakan desain PLN. Silakan pakai desain masing-masing, mana yang lebih efisien dan lebih murah, tanpa mengurangi kualitas pelayanan,” kata Edi.  

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (tengah) di dampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sedang mencoba SPKLU.