Logo Bloomberg Technoz

Beijing, Tianjin, dan sebagian provinsi Henan, Shanxi, dan Shandong berada dalam siaga tertinggi setelah sisa-sisa topan Doksuri menyapu China selatan dan terus bergerak ke utara. Warga Beijing diminta untuk tidak bekerja kecuali diperlukan.

Doksuri merupakan salah satu topan terkuat yang menyerang China tahun ini. Topan tersebut melanda provinsi tenggara Fujian pada Jumat (28/7/2023) dan memaksa otoritas lokal untuk menutup sekolah dan menangguhkan transportasi umum.

Topan juga mengakibatkan terganggunya saluran listrik sementara biro cuaca melaporkan "kerusakan serius" pada sektor perikanan di pesisir.

BMKG China juga mengatakan hujan deras dapat meratakan tanaman utama seperti jagung dan membanjiri lahan di dataran rendah. Kondisi ini juga bisa menyebabkan penyebaran penyakit pada tanaman yang berdampak pada suplai makanan. Sehingga, para petani diminta untuk mengeringkan ladang dan memetik buah yang sudah matang tepat waktu.

Warga di kota Baoding dan Zhuozhuo di Hebei diminta untuk bekerja dari rumah pada Senin. Layanan listrik di Zheijiang dan Fujian sebagian besar telah dipulihkan pada Minggu (30/7/2023) malam.

Sementara itu, topan lain diprediksi akan muncul. Dilaporkan oleh kantor berita Xinhua, Provinsi Zhejiang di China timur telah mengaktifkan tanggap darurat tingkat empat karena Topan Khanun mulai mendekat. 

Khanun merupakan topan keenam tahun ini yang menyerang China. Level empat merupakan level terendah dalam sistem tanggap darurat empat tingkat.

-Dengan asistensi Lulu Shen dan Luz Ding.

(bbn)

No more pages