Logo Bloomberg Technoz

Bom Bunuh Diri di Acara Parpol Pakistan Tewaskan 45 Orang

News
31 July 2023 15:30

Ilustrasi Suasana di Pakistan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Suasana di Pakistan (Sumber: Bloomberg)

Faseeh Mangi - Bloomberg News

Bloomberg, Sebanyak 45 orang tewas dan lebih dari 135 lainnya luka-luka akibat bom bunuh diri pada rapat umum yang diselenggarakan oleh partai kunci dalam koalisi Perdana Menteri (PM) Shehbaz Sharif. Serangan teror di Pakistan dilaporkan meningkat menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan pada November.

Bom bunuh diri yang terjadi pada Minggu (30/7/2023) itu terjadi saat sebuah pertemuan digelar di provinsi Khyber-Pakhtunkhwa oleh Jamiat Ulema Ismal Fazl, sebuah partai Islam garis keras. Menurut petugas kesehatan di distrik tersebut, puluhan orang dilarikan ke rumah sakit terdekat, beberapa dengan helikopter, meskipun banyak dari mereka telah dipulangkan.

Rumah sakit di daerah tersebut tetap dalam keadaan siaga tinggi. Media lokal mengatakan penyelidikan awal polisi menunjukkan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) berada di balik serangan itu.

Serangan yang tersebut menambah krisis politik dan ekonomi di Pakistan. Padahal, pemerintah baru saja mendapatkan paket bailout (dana talangan) dari IMF setelah sempat ditunda dalam waktu lama. Sementara partai politik mantan PM Imran Khan akhirnya menyerah pada aksi tekanan dari militer negara itu sebelum pemungutan suara nasional.